Raheem Sterling

Raheem Sterling: Sang Golden Boy Jamaica yang Bersinar di Kancah Dunia

Tidak semua imigran yang pindah ke Inggris berakhir dengan kesuksesan. Beberapa di antara mereka justru kadang mendapat perlakukan diskriminatif  terkait dengan ras dan juga keyakinan. Akan tetapi, ada banyak juga contoh yang diambil sebagai figur kesuksesan imigran yang memutuskan pindah ke negeri Ratu Elisabeth ini. Dan dari banyak nama yang menjadi ikon kesuksesan imigran di Inggris, salah satunya mungkin adalah Raheem Sterling, seorang golden boy asal Jamaica yang sudah sering menjadi objek berita bola dunia.

Raheem Sterling

Raheem Shaguille Sterling lahir di Kingston, Jamaica, pada 8 Desember 1994. Ia masuk ke Inggris dan menetap di London bersama ibunya pada usia lima tahun. Di London ia kemudian bergabung pada Akademi Sepak Bola Liverpool yang kemudian bergabung juga dengan Akademi Queens Park Rangers pada usianya yang ke-10 tahun.

Bakat Sterling pada sepak bola sudah terlihat sejak kecil. Wajahnya pernah menghiasi berita bola koran terkemuka Jamaica karena potensi yang ia tunjukkan di London. Ia juga menandatangani kontrak profesionalnya sebagai bintang sepak bola pada usia yang masih belia, yaitu 14 tahun.

Debut Internasional dan Skandal Kriminal

Rafael Benitez menyodorkan nilai kontrak sebesar 600.000 poundsterling pada bulan Februari tahun 2010 kepada Raheem Sterling untuk bergabung dengan Liverpool. Dan di Liverpool-lah kemudian Sterling memulai debut profesionalnya dalam dunia sepak bola.

Meskipun tidak seproduktif bintang-bintang besar, namun Sterling cukup tajam di lapangan. Terbukti ia cukup sering mencetak gol dalam pertandingan. Bahkan pada salah satu laga Liverpool melawan Sunderland, Sterling pernah dianggap sebagai man of the match setelah ia memberikan assist yang menjadi kunci hasil pertandingan

Untuk bermain pada laga kejuaraan internasional, Raheem Sterling setidaknya telah beberapa kali bermain untuk tim nasional Inggris. Ia pernah menjadi pemain utama dalam skuad timnas Inggris untuk U-16, U-17, U-19 dan juga U-21. Salah satu moment besar bagi sterling dalam debut internasionalnya adalah ketika ia mencetak gol jarak jauh melawan Rwanda pada kualifikasi piala dunia.

Raheem Sterling saat masih menggunakan seragam skuad Liverpool

Hal lain yang mungkin juga perlu diketahui tentang Raheem Sterling adalah bahwa dirinya sempat meramaikan berita bola ketika ia ditangkap pihak kepolisian London lantaran dituduh menganiaya seorang wanita. Sebelumnya Sterling juga sempat ditahan lantaran kasus yang sama. Namun tuntutan untuk dirinya dibatalkan karena saksi penuntut yang gagal hadir di pengadilan.

Raheem Sterling saat tidak lagi di Liverpool, sejak bulan Juli 2015 ia telah bergabung dengan Manchester City. Nilai kontraknya saat bergabung dengan City berkisar pada angka 49 juta poundsterling. Atau jika dikonversi ke dalam rupiah nilainya kurang lebih sekitar 1 triliun!

event_note December 7, 2019

account_box Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *